7 Tempat Wisata Populer di Jakarta Selatan

Posted on

Jakarta adalah Ibu Kota Negara Indonesia yang sangat luas sehingga dibagi menjadi 5 bagian yakni Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Timur dan Jakarta Selatan. Sebagai Ibu kota Negara Jakarta terkenal akan kemacetan dan kepadatan penduduknya, maklum setiap tahun banyak orang dari berbagai daerah datang ke Kota ini untuk mengadu nasib. selain itu Jakarta juga terkenal akan wisatanya yang menarik seperti Ancol, Monas, kebun binatang Rangunan dan masih banyak lagi.

tempat wisata populer di jakarta selatan

Jika anda berencana berlibur ke Jakarta maka harus bijaksana dalam memilih rute tujuan wisata dan tempat menginap untuk menghindari kemacetan. Seperti bila anda ingin mengunjungi tempat wisata yang ada di Jakarta Selatan carilah penginapan atau hotel di Jakarta Selatan yang dekat dengan lokasi wisata sehingga lebih mudah di jangkau. Nah, pada kesempatan ini kami akan menyajikan informasi kepada anda beberapa tempat wisata menarik dan populer yang ada di Jakarta Selatan yang bisa anda kunjungi saat liburan baik sendiri ataupun bersama keluarga tercinta.

Berikut 7 Tempat Wisata Populer di Jakarta Selatan :

1. Kebun Binatang Ragunan
Salah satu kebun Binatang yang cukup luas di Indonesia adalah Kebun Binatang Rangunan yang luasnya sekitar 140 hektar dengan lebih dari 3000 ekor koleksi satwa di dalamnya. Kebun Binatang yang beroperasi sejak tahun 1864 di daerah Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan ini merupakan kebun Binatang Pertama di Indonesia. Koleksi yang ada disini 90% adalah satwa asli Indonesia. Kebun Binatang Rangunan Nuansa hutannya mirip dengan kebun raya Bogor, dimana terdapat pohon-pohon besar yang rimbun di kompleks kebun binatang sehingga suasanya sejuk jadi anda tidak perlu khawatir kepanasan jika berkunjung kesini. Fasilitas lain yang tersedia adalah pusat informasi, Taman Satwa Anak, rakit-rakitan dan Taman Perahu. dan perlu anda ketahui juga bahwa pusat pelestarian primata terbesar di dunia yakni Pusat Primata Schmutzer terdapat di kompleks Kebun Binatang Rangunan.

2. Setu Babakan
Setu Babakan adalah sebuah danau yang luasnya sekitar 30 ha dan airnya berasal dari Sungai Ciliwung. Setu Babakan merupakan tempat wisata populer di Jakarta Selatan yang dijadikan sebagai pusat perkampungan Budaya Betawi dengan tujuan melestraikan Budaya Betawi. Tidak heran bila anda berkunjung kesini akan menemukan berbagai macam kuliner khas Betawi seperti es duren, Soto Betawi, bir pletok, kerak telor dan lain sebagainya. tidak hanya itu di setu Babakan anda juga dapat melihat rumah khas Betawi dan berbagai macam kesenian khas Betawi seperti tari topeng, Gambang Kromog, Lenong, Tanjidor dan Marawis. Dan bagi anda yang suka wisata air di setu Babakan anda bisa memancing dan bermain perahu.

3. Taman Anggrek Ragunan
Bagi anda para pecinta bunga Anggrek tentu tidak mau melewatkan tempat wisata di Jakarta Selatan yang satu ini. Taman Anggrek Ragunan ini sendiri sudah buka sejak tahun 1973 ini memiliki kurang lebih 5.000 spesies bunga anggrek dari sekitar 30.000 spesies bunga anggrek yang tersebar di seluruh dunia di Taman Anggrek Ragunan. Disini anda juga dapat melihat hasil persilangan grammatophyllum speciosum atau anggrek harimau yang merupakan anggrek langka. Bahkan anda tidak hanya bisa menikmati keindahan bunga anggrek, tetapi Anda juga dapat mengikuti kursus budidaya anggrek, praktik persilangan anggrek di laboratorium Taman Anggrek Ragunan dan tentu saja anda bisa membeli anggrek. Letaknya di sebelah kiri pintu utama Kebun Binatang Ragunan sekitar 200 meter.

4. Cilandak Town Square
Cilandak Town Square (CITOS) adalah salah satu tempat wisata populer di Jakarta Selatan yang didirikan tahun 2002 di sebuah bangunan berlantai dua, disamping kiri CITOS terdapat Cafe dan Restoran.sementara Matahari Department Store dan Foodmart ada diujung kanannya. Anda dapat menyaksikan Event-event khusus yang hampir setiap hari diselenggarakan CITOS bagi kalangan tertentu seperti women’s day. Bagi anda yang inginbersantai sambil makan disini terdapat Roppan, Starbucks, Holycow! Steakhouse by Chef Afit,Roppan, Starbucks, Malay Village, Bebek Tepi Sawah dan masih banyak lagi.

5. Pasar Santa
Pasar Santa terletak di di Jalan Cipaku, Kebayoran Baru merupakan tempat wisata yang sedang happening belakangan ini di Jakarta Selatan. Pasar Tradisional yang sempat sepi ini sejak pertengahan 2014 lalu menjelma menjadi tempat nongkrong baru bagi anak muda. Bila selama ini anda terbiasa nongkrong di Mall yang sejuk maka di pasar santa akan memperoleh pengalaman baru karena di tempat nongkrong anak muda yang berada di Lantai 1 Pasar Santa anda akan menjumpai banyak sekali kios makanan yang menyediakan berbegai jenis kuliner unik dan enak seperti Bar-Na-Na yang menjual pisang yang dilumuri coklat dan meises, Warung Kopi Gayo: Claypot Popo, Geram yang menjual Burger Ramen, Papricano yang menyediakan makanan Meksiko seperti Burito, Taco, dan Quesadillas dan masih banyak kuliner lainnya.

6. Kemang Food Festival
Daerah kemang merupakan kawasan yang macetnya luar biasa di jakarta Selatan. Akan tetapi Kawasan ini menyulap dirinya menjadi sebuah kawasan yang asyik untuk kongkow pada malam hari bagi kaum muda urban.  di kawasan kemang anda dapat menemukan banyak cafe dan Kemang food Festival adalah salah satu tempat kuliner yang asik di daerah ini. Konsep kemang food festival mirip food court tapi konsepnya lebih asri seperti diteras rumah. Anda bisa bersantap sambil mendengarkan musik dan gemercik air mancur beratapkan langit malam. Kemang Food Festival berlokasi di Jalan Kemang Raya No. 19, Bangka, Kemang Prapatan, Jakarta Selatan. Menu makan yang disajikan disini cukup lengkap mulai dari menu lokal hingga Internasional. Pada akhir pekan tempat ini dipadati pengunjung oleh karena itu ingin mengunjungi kemang food festival di akhir pekas sebaiknya datang sekitar pukul 17.00.

7. Museum Layang-layang
Museum Layang-layang yang terletak di Jl. H. Kamang No. 38, Pondok Labu, Jakarta Selatan ini merupakan Museum Layang-layang pertama di Indonesia, buka pukul 09.00-16.00 setiap hari dan pada hari libur nasional tutup. di Museum ini terdapat lebih dari 600 koleksi layang-layang termasuk layang-layang dari negara lain seperti Belanda, jepang, vietnam, tiongkok dan dari negara lainnya. disini anda dapat melihat layang-layang raksasa berukuran 9×26 m yang bernama Megaray dan juga layang-layang mini ukuran 2 cm. Di Museum layang-layang anda bisa membuat, melukis layang-layang dan menonton video layang-layang serta aktivitas melukis lainnya.

Bagi anda yang membutuhkan informasi penginapan atau hotel di wilayah Jakarta Selatan bisa lihat disini
Nah, itulah 7 tempat wisata populer di Jakarta Selatan bagi anda yang ingin berlibur ke Jakarta. untuk tempat menginap tidak perlu khawatir karena di daerah Jakarta selatan terdapat banyak sekali hotel dan penginapan yang menawarkan harga mulai dari yang murah hingga hotel mewah dengan harga mahal.